Kunci Jawaban Kelas 4 SD Tema 9 Halaman 77 79 80 81 83 Buku Tematik Kayanya Negeriku Subtema 2

Inilah kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 di halaman 77, 79, 80, 81, dan 83. Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD Tema 9 memiliki judul Kayanya Negeriku. Sementara itu, Subtema 2 Buku Tematik ini berjudul Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia.

Adapun dalam artikel ini berisi kunci jawaban Pembelajaran 4 di Subtema 2 pada halaman 77, 79, 80, 81, dan 83. Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri. Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Bersama temanmu, coba identifikasilah perilaku orang orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan sumber daya alam dalam kegiatannya seharihari. Perilaku Orang Orang di Sekitarku Contoh perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam:

Menggunakan listrik dengan bijak dan tidak boros Mematikan alat listrik ketika tidak digunakan Menerapkan sistem tebang pilih saat mengambil kayu di hutan

Melakukan penanaman kembali pohon pohon di hutan maupun lingkungan sekitar Menjaga kebersihan sungai Tidak membuang sampah di sungai

Melakukan penghijauan di lingkungan Memakai air dengan hemat Mengganti bahan bakar fosil dengan bahan bakar biogas

Menghemat penggunaan bahan bakar fosil Contoh perilaku yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam: Menebang pohon sembarangan

Menyalakan lampu ketika siang hari Menggunakan listrik dengan boros Penebangan liar

Membiarkan kran air tetap menyala saat sudah tidak digunakan Menangkap ikan dengan menggunakan bom ikan Membunuh hewan hewan langka

Melakukan pemburuan hewan langka secara liar Berdasarkan bacaan di atas, coba kamu sebutkan gagasan pokok dan pendukung setiap paragrafnya. Paragraf 1

Gagasan pokok: Minyak bumi sangat dibutuhkan Gagasan pendukung: Sumber minyak bumi ada di kerak bumi

Pengambilan minyak bumi dengan cara dibor Tanpa minyak bumi, terjadi masalah dan kekacauan Paragraf 2

Gagasan pokok: Pembentukan minyak bumi tejadi selama jutaan tahun. Gagasan pendukung: Sisa tanaman dan hewan menuju kerak bumi akibat pergerakan lempeng.

Sisa tanaman dan hewan menuju kerak akibat pergerakan lempeng Sisa tanaman dan hewan menjadi fosil Reaksi dengan gas alam mengubah fosil menjadi minyak bumi.

Paragraf 3 Gagasan pokok: Gas cair adalah hasil pengolahan minyak bumi. Gagasan pendukung:

Gas cair bernilai tinggi Untuk mendapat gas cair, minyak bumi harus disuling terlebih dahulu. Paragraf 4 Gagasan pokok: Minyak bumi harus diolah agar bisa dimanfaatkan.

Gagasan pendukung: Pengolahan minyak bumi dilakukan bertahap Hasil pengolahan minyak bumi menjadi bensin, solar, bensol, oil dan minyak tanah

Bahan bakar digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Paragraf 5 Gagasan pokok: Hasil pengolahan minyak berperan dalam industri kimia.

Gagasan pendukung: Produk olahan minyak bumi mencakup cat minyak, dinding, besi, aspal dan plastik. Produk olahan minyak bumi untuk kehidupan manusia.

Paragraf 6 Gagasan pokok: Minyak mentah sumber polimer. Gagasan pendukung:

Polimer penting untuk industri, seperti plastik. Alat daput banyak memakai minyak bumi. Minyak bumi dipakai untuk pengolahan alumunium, besi atau baja.

Berdasarkan bacaan di depan, kembangkan informasi mengenai pemanfaatan sumber daya alam berupa air selain sebagai pembangkit listrik tenaga air. Kamu dapat mencari informasi dan data pendukung dari buku, majalah, koran, maupun artikel. 1. Jelaskan proses pembentukan minyak bumi!

Jawaban: Minyak bumi terbentuk dari jasad renik yang berasal dari hewan atau tumbuhan yang sudah mati. Kemudian terbawa air sungai bersama lumpur dan mengendap di dasar laut, akibat waktu yang mencapai ribuan bahkan jutaan tahun dengan temperatur tinggi dan tekanan oleh lapisan diatasnya.

Jasad renik tersebut akan berubah menjadi bintik bintik dan gelembung minyak atau gas, setelah itu terakumulasi pada daerah perangkap atau pada batuan sedimen yang berpori gas alam minyak air terakumulasi menjadi deposit untuk minyak bumi. 2. Mengapa minyak bumi tidak dapat diperbarui? Jawaban :

Minyak bumi (atau sering disebut juga emas hitam) dihasilkan dari fosil–fosil hewan di laut (ingat pengeboran minyak adanya di laut) yang sudah terbenam berjuta–juta tahun yang lalu yang hingga saat ini masih bisa diambil dan dimanfaatkan. Minyak bumi termasuk SDA yang tidak dapat diperbarui karena dalam pembaharuannya, minyak bumi membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga kita harus memakainya secara bijak dan mencari alternatif lain agar pengunaan minyak bumi bisa dikurangi. 3. Sebutkan contoh pemanfaatan minyak bumi dalam kehidupan manusia!

Jawaban: Contoh pemanfaatan minyak bumi dalam kehidupan manusia: Sumber gas cair

Gas yang sering digunakan yaitu LPG merupakan hasil olahan dari minyak bumi. Jenis gas cair ini merupakan produk tinggi dibandingkan dengan bahan bakar lainnya. Industri kimia

Senyawa yang dihasilkan dari minyak bumi juga berguna untuk berbagai macam produk kimia. Seperti cat dan produk plastik. Bahan serat

Komponen dari olahan minyak bumi juga berguna sebagai bahan serat. Seperti nilon, rayon dan bahan tekstil. Saat ini belum bisa ditemukan sumber bahan serat yang lain selain dari minyak bumi. Produk dapur

Produk dapur yang digunakan dalam kehidupan sehari hari, seperti kulkas, magic com dan kursi juga berasal dari olahan minyak bumi yang berupa besi dan almunium. Bahan mobil Dari beberapa bagian mobil yang terbentuk itu terbuat dari minyak mentah yang sudah diolah.

Serat dari olahan minyak bumi ini dijadikan lapisan blok di produk mobil dan jenis cairan untuk mobil seperiti minyak pelumas, rem dan bahan bakar. Sumber olahan pupuk Senyawa sintesis dari olahan pupuk ini berasal dari olahan minyak bumi.

Selain itu, olahan minyak mentah ini juga memberikan hasil tenaga yang dapat menggerakkan suatu mesin produksi. 1. Apa yang kamu pelajari hari ini? Hari ini saya belajar tentang hak dan kewajiban memanfaatkan sumber daya alam.

2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini? Nilai yang dapat saya ambil dari pembelajaran ini adalah belajar memafaatkan sumber daya alam dengan baik. 3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Keterampilan membaca, menulis dan memahami teks dengan benar. 4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini? Belajar dengan lebih giat lagi.

Mintalah orang tuamu bercerita tentang kondisi lingkungan alam di sekitar tempat tinggalmu pada waktu orang tuamu kecil. Kemudian bandingkan kondisi lingkungan alam pada waktu orang tuamu kecil Dengan kondisi sekarang.

Sebagian dari soal di atas merupakan pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Tidur Berkualitas Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Cari Tahu Faktanya!
Next post Ditinggal Menikah Sang Kakak, Sambil Menangis Arsy dan Arsya Tanyakan Hal Unik ke Ashanty