pinjaman UMKM tanpa jaminan

Cara Mudah Mendapatkan Pinjaman UMKM Tanpa Jaminan

Membangun bisnis tentu membutuhkan modal usaha, terlebih dalam membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Di masa pandemi seperti ini, banyak sekali UMKM yang terkena dampaknya, entah mengenai modal usaha yang belum terpenuhi maupun dana simpanan usaha yang sudah menipis bahkan habis.

Fintech Sebagai Solusi

Teknologi finansial, atau biasa kita kenal dengan sebutan fintech, hadir memberikan solusi terbaik bagi yang membutuhkan modal untuk usaha. Salah satu layanan yang paling diminati ialah pinjaman UMKM tanpa jaminan. Hal ini akan memudahkan UMKM dalam membangun bisnis.

Fintech sendiri merupakan jasa keuangan berbasis teknologi yang bisa diakses melalui media online. Keunggulan fintech adalah transaksi yang praktis dibandingkan dengan pinjaman secara langsung. Tentu hal ini merupakan bentuk memajukan ekonomi masyarakat.

Tips Memperoleh Pinjaman UMKM Tanpa Jaminan di Fintech

Terdapat dua jenis pinjaman usaha, dengan jaminan dan tanpa jaminan. Bagi UMKM yang belum memiliki aset, baiknya memilih pinjaman jangka pendek tanpa jaminan. Nah, ada beberapa cara agar memperoleh pinjaman UMKM tanpa jaminan melalui fintech. Berikut caranya:

1.    Mengunduh Aplikasi Jasa Pinjaman Online yang Tepercaya

Kita perlu memiliki alat bantu berupa smartphone maupun PC atau laptop yang dapat terhubung dengan internet jika menggunakan jasa keuangan berbasis teknologi. Inilah salah satu kelebihan fintech, dana bisa cair meski kita tak keluar rumah.

Untuk lebih memudahkan, banyak jasa keuangan berbasis teknologi membuat aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone sehingga tidak perlu membuka laptop maupun PC.

2.    Menyiapkan Dokumen Pribadi Terlebih Dahulu

Meski berbeda dengan jasa pinjaman secara langsung, pinjaman online juga memerlukan beberapa dokumen yang perlu disiapkan sebagai bukti atau validasi data. Adapun dokumen-dokumen tersebut ialah:

  • Data Pribadi, seperti nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir, nomor telepon, email, dan lain sebagainya yang nantinya akan diisi dalam form pendaftaran.
  • Informasi pekerjaan. Hal ini berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dilakukan, entah itu wirausaha, buruh, dan lain sebagainya.
  • Nomor rekening.

Perlu diketahui bahwa kelengkapan dokumen menjadi salah satu pertimbangan diterimanya pengajuan pinjaman. Sebagian jasa keuangan berbasis teknologi ada juga yang meminta dokumen lain untuk dilampirkan. Jadi, sangat penting untuk mengecek kembali kelengkapan dan kebenaran dokumen yang diunggah.

Adapun perbedaan antara pinjaman tanpa jaminan melalui fintech dengan jasa keuangan seperti perbankan ialah pada nominalnya. Untuk fintech, sangat membatasi nominal dan tenor yang singkat. Namun, tidak terlalu sulit untuk mengajukan pinjaman dibandingkan dengan jasa keuangan lainnya.

 

3.    Track Record Kredit yang Baik

 

Riwayat kredit yang baik menjadi tolok ukur kepercayaan sebuah perusahaan jasa peminjaman uang dalam memberikan uang pinjaman. Semakin baik riwayat kredit, semakin besar pula peluang pengajuan dana diterima. Jadi, sangat penting untuk memiliki riwayat kredit yang baik.

Bagi UMKM yang baru pertama kali mengajukan mungkin belum ada track record-nya. Biasanya, pinjaman yang bisa diajukan pun relatif terbatas sehingga perlu membuat jejak yang baik di awal.

 

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar mendapatkan pinjaman UMKM tanpa jaminan dengan mudah. Pastikan untuk memeriksa kembali kelengkapan dan kebenaran data yang dilampirkan.

Perlu diingat bahwa banyak sekali jasa keuangan yang melayani pinjaman online tetapi ilegal. Kebanyakan dari jasa tersebut memberi bunga yang sangat tinggi dan merugikan. Jadi, kita perlu memilih fintech yang aman dan tepercaya.

Ada banyak perusahaan pinjaman online ojk yang menyediakan jasa pinjaman tanpa jaminan, salah satunya ialah Finmas aplikasi pinjaman online yang tentunya telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Bacaan Surat Al Kahfi Ayat 1-10 Beserta Latin dan Artinya, Ini Keutamaan Baca Al Kahfi di Hari Jumat
Next post Layanan Internet Net1 Diblokir, Kominfo Tegur Sampoerna Telekomunikasi Agar Penuhi Hak Pelanggan