Bacakan Buku Cerita untuk Anak, Baik untuk Membangun Kedekatan di Masa Pandemi

Pandemi covid-19 menimbulkan kekhawatiran bagi para ibu yang memiliki anak usia balita.

Selain khawatir anaknya tertular Covid-19, sebagian ibu mencemaskan tumbuh kembang anak mereka tidak berlangsung secara optimal di masa pandemi ini, karena semua kegiatan dilakukan di rumah saja.

Nah meskipun banyak melakukan kegiatan di rumah, anda tidak perlu khawatir karena tentunya anda bisa melakukan kegiatan berkualitas bersama anak.

Berbagai kegiatan menarik selama di rumah tentunya dapat anda lakukan untuk membangun ikatan (bonding) yang kuat bersama anak selama #dirumahaja.

Tidak hanya itu, masa pandemi ini juga membuat anda memiliki lebih banyak waktu bersama anak di rumah, sehingga ikatan emosional antara ibu dan anak pun akan semakin kuat.

Untuk membangun ikatan yang baik bersama anak, anda bisa melakukannya dengan membaca buku.

Psikolog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan bahwa mendengarkan ibu membacakan buku cerita, tidak hanya akan mengembangkan minat baca pada anak, namun juga membuat anak merasa lebih nyaman dan tenang, serta lebih dekat dengan sang ibu.

Kegiatan ini pun disarankan dilakukan sejak dini, bahkan saat ibu masih mengandung atau anak masih bayi.

“Membacakan buku cerita untuk anak memiliki banyak manfaat apalagi jika mulai dilakukan sedini mungkin, bahkan anak masih bayi sekalipun. Selain mengembangkan minat baca pada anak, membacakan buku cerita juga merupakan aktivitas yang dapat mempererat hubungan antara ibu dan anak,” kata Vera, dalam webinar Mama’s Choice bertajuk #KurangiWorry ‘Lewat Membaca, Tenangkan Ibu dan Anak Saat Pandemi’, Kamis (22/7/2021).

Menurut American Academy of Pediatrics, membaca bersama anak-anak tidak hanya dapat membantu perkembangan dalam keterampilan bahasanya saja, namun juga membantu memperkuat hubungan antara ibu dan anak.

Menariknya, kegiatan ini tidak hanya baik bagi perkembangan anak, namun juga sang ibu.

Karena membaca buku selama pandemi ini diyakini dapat mengurangi stres pada ibu, sehingga ibu bisa merasa lebih tenang dalam menghadapi masa sulit seperti saat ini.

Vera kemudian menekankan bahwa membaca buku untuk anak maupun bersama anak ini bisa dilakukan secara konsisten dalam kegiatan sehari-hari, karena dapat membuat anak menjadi lebih tenang.

Saat membacakan cerita, ibu dan anak tentunya akan melakukan kontak fisik dan ini dapat memunculkan hormon Oxytocin.

Oxytocin merupakan salah satu hormon anti stres yang dapat membuat anak merasa lebih dekat dengan ibu, begitu pula sebaliknya.

Nah, kedekatan inilah yang dapat membuat anak merasa tenang, sehingga membaca buku dapat menjadi salah satu faktor pendukung resiliensi.

Terutama dalam melewati masa pandemi yang penuh tantangan ini.

Terkait pentingnya memperhatikan tumbuh kembang anak selama pandemi ini, Mama’s Choice menghadirkan campaign ‘Tenang Dengan Mama di Hari Anak Nasional’.

Melalui campaign ini, Mama’s Choice menggandeng artis cantik yang baru saja menjadi seorang ibu, Irish Bella dalam meluncurkan produk bundling ‘Irish Bella’s Baby Essential Kit’ serta seri buku cerita anak ‘Dunia Bunbun’.

Irish mengakui bahwa membacakan cerita untuk bayinya yang baru berusia 10 bulan, kini menjadi kegiatan baru yang sangat menarik baginya.

Karena ia bisa menciptakan hubungan yang kuat dengan bayinya melalui buku yang ia baca, lantaran adanya sentuhan fisik antara dirinya dan bayinya.

Tentunya kegiatan ini juga dapat menciptakan ketenangan baginya dan baby Air, anaknya.

“Membacakan cerita untuk Air menjadi salah satu kegiatan yang wajib aku lakukan di rumah, karena dengan membaca aku bisa menciptakan bonding time yang bisa memberikan ketenangan sendiri buat aku dan Air,” jelas Irish.

Oleh karena itu, Chief Mama Officer Mama’s Choice ini pun menyarankan para ibu yang memiliki bayi di rumah untuk melakukan bonding melalui kegiatan yang sama seperti dirinya, yakni membacakan buku cerita.

“Aku sangat menyarankan para Mama memiliki buku ‘Dunia Bunbun’ ini karena sangat cocok untuk anak dari usia 0-6 tahun,” kata Irish.

Sementara itu, Head of Branding Mama’s Choice, Rahne Putri menyampaikan pihaknya sengaja menghadirkan produk perawatan yang aman dilengkapi buku cerita menarik, agar proses bonding time ibu dan anak di masa pandemi ini bisa menciptakan suasana yang tenang, khususnya bagi si anak.

“Kami meluncurkan seri buku cerita anak ‘Dunia Bunbun’ serta bundling produk perawatan anak yang aman, halal dan natural sebagai alat bagi ibu dan anak untuk melakukan bonding time agar bisa menciptakan rasa tenang di masa pandemi,” pungkas Rahne.

Rangkaian produk kolaborasi Mama’s Choice dan Irish Bella dalam bundling ‘Irish Bella’s Baby Essential Kit’ ini meliputi Mama’s Choice Hair & Body Wash, Mama’s Choice Calming Tummy Oil, dan Mama’s Choice Rash Cream.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post 15 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac Tiba Hari Ini
Next post Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12, Login www.prakerja.go.id, Simak Syarat dan Caranya