klinik program bayi tabung

Sering Tidak Disadari, Ini Penyebab Sulit Hamil dan Solusinya

Mempunyai keturunan adalah impian hampir semua pasangan yang sudah menikah. Hadirnya anak dapat membuat kehidupan rumah tangga menjadi lebih berwarna. Namun, beberapa pasutri mengalami kesulitan untuk hamil meski sudah mencoba program hamil selama bertahun-tahun. Penyebabnya bukan hanya dari pihak wanita saja, tetapi juga dari pihak pria. Tak jarang beberapa pasangan mendatangi klinik program bayi tabung sebagai solusinya. Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai beberapa penyebab sulit hamil, yang mungkin saja jarang disadari. Yuk, baca artikel ini sampai habis, ya!

  1. Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat ternyata bukan hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh saja. Namun juga menjadi salah satu penyebab sulit dikaruniai anak. Pasalnya, gaya hidup tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol, dan narkoba dapat menurunkan jumlah dan pergerakan sperma. Selain itu, tingkat keguguran tinggi dan dapat menyebabkan kehamilan ektopik. Oleh sebab itu, jagalah pola hidup Anda dan pasangan dengan banyak mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi.

  1. Terlalu lama menunda kehamilan

Saat baru menikah, terkadang pasangan ingin menunda kehamilan karena ada beberapa faktor yang ingin disiapkan terlebih dahulu, seperti tabungan pendidikan, karir, dan lain sebagainya. Biasanya, pasangan menggunakan alat kontrasepsi (KB). Efek jangka panjang penggunaan KB hormonal yaitu siklus menstruasi dan pembuahan akan terpengaruh. Hal tersebut dapat menyebabkan pasangan sulit mendapatkan momongan di kemudian hari.

  1. Infertilitas pada pria

Infertilitas atau gangguan kesuburan pada pria dapat terjadi karena beberapa penyebab, seperti kelainan saluran sperma, kelainan genetik, gangguan tiroid, infeksi, varikokel atau terjadi pelebaran pembuluh darah pada kantung zakar, efek samping obat, dan lain sebagainya. Infertilitas terjadi ketika pria tidak dapat menghasilkan sperma berkualitas baik, jumlahnya sedikit, atau bahkan tidak menghasilkan sperma sama sekali. Oleh sebab itu, perlu segera diperiksa oleh dokter supaya dapat dideteksi lebih dini.

  1. Tersumbatnya tuba falopi

Ovarium dan rahim disambungkan oleh saluran yang disebut tuba falopi. Sel telur akan berjalan menuju rahim saat masa ovulasi melalui tuba falopi. Jika saluran ini tersumbat, sel telur tidak akan bertemu dengan sperma karena gagal mencapai rahim. Sehingga, tidak terjadi pembuahan. Beberapa penyebab tersumbatnya tuba falopi yaitu riwayat kehamilan ektopik, penyakit menular seksual (PMS), radang panggul, infeksi rahim, dan pernah operasi di panggul atau perut.

Salah satu solusi untuk segera mendapatkan momongan yaitu dengan menjalani program bayi tabung atau fertilisasi in vitro (IVF). Proses pembuahan akan dilakukan di luar rahim. Sel telur wanita akan dikeluarkan dari ovarium dan kemudian dibuahi oleh sperma pria di labolatorium. Sel telur tersebut disebut sebagai embrio. Apabila berhasil, embrio akan dimasukkan kembali ke rahim wanita supaya dapat tumbuh dan berkembang.

Itulah hal-hal yang dapat menyebabkan pasangan sulit hamil dan solusinya. Semoga bermanfaat, ya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Layanan Internet Net1 Diblokir, Kominfo Tegur Sampoerna Telekomunikasi Agar Penuhi Hak Pelanggan
Next post Laneige White Dew Pemutih Wajah 100Ml